Selasa, 02 Februari 2016

MCB dan Fungsinya

MCB dan Fungsinya
MCB merupakan kependekan dari Minniature Circuit Breaker. Biasanya MCB digunakan oleh pihak PLN untuk membatasi arus, sebagai pengaman dalam suatu instalasi listrik. MCB berfungsi sebagai pengaman hubung singkat (konsleting) dan juga pengaman beban lebih. MCB secara otomatis dengan segera memutuskan arus apabila arus yang melewatinya melebihi dari arus nominal yang telah ditentukan. Arus nominal yang terdapat pada MCB adalah 1A, 2A, 4A, 6A, 10A, 16A, 20A, 25A, 32A dan lain sebagainya. Nominal MCB ditentukan dari besarnya arus yang bisa ia hantarkan, satuan dari arus adalah Ampere.
Banyak perangkat yang saat ini menggunakan listrik, mulai dari AC, Komputer/laptop, lampu dll. Kebanyakan pelanggan PLN di Indonesia saat ini masih menggunakan MCB 2 A, hal ini dikarenakan menggunakan daya 450VA (Volt Ampere). Standar tegangan di Indonesia adalah 220 Volt.

Satuan dari tegangan listrik: Volt
Satuan dari arus listrik: Ampere
Satuan dari hambatan listrik: Ohm
Satuan dari daya listrik: Watt
MCB sendiri terdiri dari MCB 1 Phasa, 2 phasa dan 3 phasa. Pada dasarnya MCB 2 phasa adalah gabungan dari dua buah MCB 1 phasa, sedangkan MCB 3 phasa merupakan gabungan tiga buah dari MCB 1 phasa.

Beberapa manfaat (fungsi MCB) adalah sebagai berikut ini:
1. Pengaman hubung singkat
Hubung singkat atau konsleting kerap sekali terjadi di rumah yang dapat  menyebabkan kebakaran. Contoh di pos ojek biasanya mengambil listrik langsung dari tiang listrik, listrik yang diambil tersebut langsung dilewatkan ke 
saklar kemudian diteruskan ke lampu dan beberapa perangkat elektronik lain. Jika suatu saat beban melebihi batas kemampuan kabel dan terjadi hubung singkat maka tak ada pengaman yang terpasang sehingga menyebabkan timbulnya panas dan bunga api, yang mengakibatkan kebakaran. 

2. Mengamankan beban lebih
Biasanya pelanggan telah mengontrak listrik degan PLN, kontrak yang dilakukan adalah berapa daya yang dikontrak oleh pelanggan. Misalnya pelanggan mengontrak daya 450 maka jika daya yang digunakan sudah melebihi 450 secara otomatis MCB akan trip (putus). Misalnya daya 450 maka kabel yang akan dipasang adalah yang sesuai untuk daya 450. Semakin besar daya yang dikontrak maka penyesuaian kabel juga akan dilakukan. Kabel memiliki daya hantar listrik tersendiri, jika kita menghantarkan arus 30A dengan kabel kecil maka kabel tersebut tidak akan kuat dan akhirnya panas dan terbakar. Bayangkan jika MCB yang kita gunakan tidak membatasi pemakaian arus bisa jadi berhubung banyak orang yang awam tentang listrik terjadilah kebakaran dimana-mana akibat listrik.

3. Sebagai sakelar utama
MCB yang terpasang dirumah kita selain berfungsi sebagai Pengaman dari terjadinya hubung singkat dan beban lebih juga bisa difungsikan sebagai sakelar utama instalasi rumah kita. Jika kita ingin memasang lampu, steker dirumah kita maka kita hanya perlu menggunakan MCB untuk memutus semua arus listrik. Selain itu MCB juga bisa digunakan sebagai pemutus aliran listrik saat anda bepergian dalam waktu yang lama. Misalkan anda ingin pergi ke luar kota selama 1 minggu jangan lupa untuk mematikan aliran listrik dirumah anda dengan cara turunkan sakelar MCB.

Pada dasarnya pemutusan aliran listrik yang dilakukan oleh MCB berasal dari dua prinsip, yakni prinsip panas dan prinsip elektromagnetik. Prinsip panas digunakan saat MCB memutuskan arus karena beban lebih sedangkan prinsip elektromagnetik digunakan saat MCB mendeteksi adanya hubung singkat.


1 komentar:

  1. Banyak sekali peluang usaha yang ditawarkan, tetapi usaha apa yang benar-benar layak dipilih serta tidak beresiko?
    Peluang Usaha Alat Listrik patut anda jadikan sebgai referensi untuk bisnis anda.
    Kenapa bisa dikatakan tidak beresiko? Karena setiap orang di dunia ini tidak bisa dipisahkan dari listrik beserta peralatan listrik dan tentunya semua orang butuh alat listrik.
    Alat listrik merupakan barang yang awet tanpa mengenal masa kadaluarsa.
    Dimana anda bisa mendapatkan informasi tentang usaha dalam bidang peralatan listrik? Tidak usah bingung hubungi saja surya indah abadi electric
    Office : Plaza Kenari Mas LG Blok B 105-106
    Telp : 0812-1978-2681
    WA:0857-1111-5432
    E-mail : ialmazie@gmail.com

    BalasHapus